Minggu, 11 Januari 2009

Isra’ Dan Mi’raj

Para ahli sejarah berselisih dalam penentuan kapan terjadinya Isra' dan Mi'raj :

  1. Ada yang mengtakan : Isra' terjadi pada tahun dimana Allah memuliakan Rasulullah dengan kenabian,ini pendapat Thabari
  2. Isra' terjadi 5 tahun setalah Rasulullah diutus sebagai rasul,hal ini pendapat Nawawi dan Qurtubi
  3. Isra' terjadi pada malam ke 27 pada bulan rajab tahun kesepuluh dari kenabian
  4. Isra' terjadi 16 bulan sebelum hijrah,yaitu pada bulan ramadhan tahun ke 12 kenabian.
  5. Isra' terjadi 1 tahun 2 bulan sebelum hijrah,yaitu pada bulan muharram dari kenabian.
  6. Isra' pada 1 tahun sebelum hijrah,yaitu pada bulan Rabi'ul awal tahun ke 13 dari kenabian

Tiga pendapat yang pertama tertolak,dengan pertimbangan karena Khadijah wafat pada tahun 10 dari kenabian pada bulan romadhon sementara pada saat meninggalnya belum ada kewajiban sholat lima waktu.Dan tidak ada perbedaan pendapat bahwa shalat lima waktu diwajibkan pada malam isra'.

Ibnu Qayyim t berkata : Rasulullah isra' dengan badannya menurut pendapat yang shohih dari masjidil haram ke Baitil Maqdis,dengan menaiki Al Buraq,dengan ditemani malaikat Jibril p , mereka turun disana, dan sholat bersama para Nabi, dan dia mengikat Buroq pada pintu masjid.kemudian dia naik pada malam itu dari baitil maqdis ke langit dunia maka jibril dan Rasulullah bertemu Nabi Adam p , kemudian naik lagi ke langit ke dua dan bertemu dengan yahya bin zakaria dan Nabi Isa bin Maryame,

Kemudian naik ke langit ke tiga dan bertemu dengan Nabi yusufp, kemudian naik ke langit ke empat dan bertemu dengan Nabi Idris p ,kemudian naik ke langit ke lima dan bertemu Nabi Harun bin Imron p, kemudian naik lagi ke langit ke enam bertemu dengan Nabi Musa bin imron p, tatkala Rasulullah `, melewatinya Nabi Musa p menangis dan ada yang bertanya apa yang membuat engkau menangis? Dan musa menjawab :” aku menangis karena ada seorang pemuda yang diutus setelahku yang masuk surga dari ummatnya lebih banyak dari ummatku. Kemudian niak ke langit ke tujuh dan bertemu dangan Nabi Ibrohim p, dan begitulah setiap kali Rasulullah `, bertemu dengan para nabi itu,Rasulullah `, mengucapkan salam bagi mereka dan merekapun menjawab salamnya serta menetapkan kenabian beliau.

Kemudian Rasulullah `, diangkat ke sidratul muntaha, kemudian di bawa naik ke Baitul Makmur,kemudian naik lagi untuk menghadap Allah l yang maha perkasa dan mendekat dengannya hingga jaraknya tinggal sepanjang dua ujung busur atau lebih dekat lagi, lalu Allah mewahyukan pada beliau sholat lima puluh kali kemudian beliau kembali dan bertemu Musa, kemudian Musa bertanya :"apa yang di perintahkan padamu? Beliau menjawab :" sholat lima puluh kali ",kemudain Musa menyuruh agar Rasulullah `, kembali untuk meminta keringanan, kemudaian bersama malaikat jibril naik lagi untuk menghadap Allah, untuk meminta keringanan kemudian Allah menguranginya sepuluh, setelah itu dia turun dan bertemu musa dan menyampaikan kabar padanya,Musa berkata :"kembalilah menemui Robb Mu. Begitulah beliau mondar-mandir menemui musa dan Allah sehingga sholat itu di tetapkan lima kali dalam sehari.

Kejadian-kejadian yang Rasulullah temukan ketika perjalanan mi'raj

  1. Dinampakkan kepada Rasulullah susu dan khamr,kemudian Beliau memilih susu
  2. Dia melihat malaikat penjaga neraka yang tidak tertawa dan dari wajahnya seram dan menakutkan.Beliau juga melihat neraka dan jannah.
  3. Beliau melihat orang-orang yang memakan harta riba,perut mereka besar sehingga ia tidak dapat pindah dari tempat mereka.

Dan peristiwa yang lain Rasulullah temui dalam perjalanan mi'raj ini .

Maka ketika pada pagi harinya Rasulullah keluar menuju kaumnya dan mengkhabarkan apa yang diperlihatkan Allah kepada Beliau dari tanda-tanda kekuasaan Allah,sehingga bertambahlah kedustaan,dan gangguan serta siksaan mereka terhadap Rasulullah.

Ada yang yang mengatakan,bahwa Abu bakar dijuluki "Shidiq",karena dia langsung membenarkan kejadian ini,selagi semua orang mendustakannya.

Alasan paling nyata dan paling besar dari perjalanan ini,telah difirmankan Allah :

" agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami".( QS.Al Isra' :1 )

Pelajaran yang dapat disimpulkan dari kisah Isra' dan mi'raj :

1. Bahwa Rasulullah akan mendapat tempat berlindung yang aman bagi islam dan tempat itu menjadi pusat penyebaran dakwahnya diseluruh dunia.

2. Bahwa Allahk menyebutkan kisah isra' mi'raj ini hanya dalam satu surat saja,kemudian menyebutkan keburukan orang yahudi dan kejahatan mereka.kemudian allah mengingatkan mereka bahwa al qur'an ini memberi petunjuk kepada jalan yang paling lurus.Allah mengisyaratkan bahwa isra' itu merupakan perjalanan ke baitul maqdis.sebab orang-orang yahudi akan dikucilkan dari posisi pengendalian umat manusia,karena kejahatan yang mereka lakukan,sehingga merekapun tersisih.Kemudian Allah akan mengalihkan posisi itu kepada Rasulullah dan menyatukan dua sentral dakwah keturunan Ibrohim.Jadi sudah tiba saatnya untuk mengalihkan kendali kepemimpinan spiritual dari satu umat ke lain umat.dari umat yang sejarahnya dilumuri penghianatan,permusuhan ,dan kejahatan beralih ke umat yang dibanjiri kebaikan dan kebajikan,sehingga Rasul senantiasa mendapatkan wahyu Al Qur'an yang menunjuki kepada jalan yang paling lurus.

3. Menambah keimanan terhadap hari pembalasan.

Referensi :

  1. Ar Rahiqul makhtum
  2. Mukhtashor shiroh nabawiyah.

Tidak ada komentar: