Senin, 12 Januari 2009

KEISTIMEWAAN DZIKIR

Allah Ta'ala berfirman:

artinya: " Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. (QS. Al Ahzab: 41-42)

Pada ayat diatas Allah memerintahkan kepada para hambanya untuk memperbanyak dzikir kepadaNya, dan juga telah mengkabarkan bahwasanya dzikir kepadaNya adalah lebih besar dari segala sesuatu. Firman Allah Ta'ala:

Artinya: "Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain)". (QS. Al Ankabut: 45)

Dan memberitahukan pula bahwasanya dzikir adalah sebab datangnya ketenteraman hati, firman Allah Ta'ala:

Artinya: " (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, Hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram". (QS. Ar Ra'd: 28) [1]

Manfaat Dzikir

  1. Dzikir bisa mengusir syaithon

Ketahuilah wahai saudaraku, jika salah seorang diantara kamu tidur maka syeitan akan mengikatmu dengan tiga ikatan, maka jika kamu bangun dan berdzikir kepada Allah akan lepas satu ikatan, dan jika kamu berwudlu akan lepas ikatan yang kedua, dan apabila kamu menegakkan sholat akan lepas tali yang ketiga.

Rosulullah r bersabda:

" من تعارّ – استيقط – من الليل فقال: لاإله إلا الله وحده لاشريك له، له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير ، الحمد لله, وسبحان الله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله ثم قال اللهم اغفرلي أو دعا استجيب له فإن توضأ وصلى قبلت صلاته.[2]

  1. menghilangkan kesedihan

عن ابن عباس أن رسول الله r يقول عند الكرب: ( لا إله إلا الله العظيم الحليم، لا إله إلا الله رب العرش العظيم، لا إله إلا الله رب السموات، ورب الأرض، ورب العرش الكريم). [3]

  1. mendatangkan kegembiraan dan kesenangan bagi hati
  2. menguatkan hati dan badan
  3. mendatangkan rizqi

عن ابن عباس أن رسول الله r قال: ( من لزم الاستغفار جعل الله له من كل هم فرجا، ومن كل ضيق مخرجا، ورزقه من حيث لايحتسب ) رواه أحمد

  1. mendatangkan kecintaan dari Allah

Karena cinta merupakan ruh Islam, dan sumber kebahagiaan dan keselamatan, dan sungguh Allah telah menjadikan setiap sesuatu itu ada sebabnya, dan menjadikan sebab datangnya cinta adalah dengan senantiasa berdzikir, maka barang siapa yang ingin mendapatkan cinta Allah hendaklah senantiasa berdzikir. Sebagaimana mengulang ulang pelajaran adalah pintu ilmu, maka dzikir adalah pintu cinta.

  1. melahirkan sifat muroqobah

Hingga ia masuk pada bab Ihsan, maka ia akan beribadah kepada Allah seakan-akan ia melihatNya, sedang tak ada jalan bagi yang lalai dari berdzikir untuk mencapai derajat Ihsan, sebagaimana tak ada jalan bagi yang duduk untuk sampai kerumah.

  1. melahirkan sifat inabah

Yaitu kembali kepada Allah I dengan memperbanyak dzikir kepadaNya

  1. melahirkan pengagungan kepada Allah

Karena kuatnya pengagungan terhadap Allah I didalam hatinya dan hadirnya hati bersama Allah

  1. mendatangkan ingatnya Allah kepada orang yang berdzikir kepadaNya

Artinya: "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

  1. melahirkan hidupnya hati

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata: " Dzikir bagi hati adalah ibarat air bagi ikan", maka bagaimanakah keadaan ikan jika berpisah dengan air? الذكر للقلب" مثل الماء للسمك"

  1. melahirkan kekuatan hati dan ruh

Suatu waktu Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah sholat subuh, kemudian duduk berdzikir kepada Allah hingga pertengahan siang, kemudian menoleh kepadaku (Imam Ibnu Qoyyim Al Jauziyah) dan berkata: هذه غدوتي ، ولو لم أتغدّ هذا الغذاء لسقطت قوتي" atau perkataan yang dekat dengan ini.

  1. menghapus dosa dan kesalahan

Dzikir adalah seagung-agung kebaikan, dan kebaikan akan menghapus kejelekan.

  1. menghilangkan penghalang antara dirinya dan RobNya
  2. diingat Allah waktu sempit

قال رسول الله n : إن ما تذكرون من جلال الله عز وجلّ من التهليل والتكبير والتحميد يتعاطفن حول العرش لهن دوي كدوي النحل يذكرن بصاحبهنّ، أفلا يحبّ أحدكم أن يكون له ما يذكّر به (رواه أحمد فى مسنده، ج: 4, ص: 267)

  1. menolong dari adzab Allah

Muadz bin Jabal zberkata: diriwayatkan secara marfu' (tidaklah seorang hamba beramal satu amalan yang lebih menyelamatkan dirinya dari adzab Allah dari dzikir kepada Allah)

  1. sebab turunnya ketenteraman

عن الأغر أبى مسلم قال: أشهد على أبى هريرة وأبى سعيد، أنهما شهد على رسول الله n أنه قال: لا يقعد قوم فى مجلس يذكرون الله فيه إلا حفتهم الملائكة ، وغشيتهم الرحمة ، ونزلت عليهم السكينة ، وذكر هم الله فيمن عنده (رواه مسلم ، رقم 2700)

  1. menyibukkan lisan dari ghibah

seorang hamba harusnya berbicara, jiika ia tidak berbicara dengan dzikir kepada Allah, ia akan disibukkan dengan hal-hal yang diharamkan seperti ghibah, dusta, perkataan keji, dan sebagainya, maka tidaak ada jalan keselamatan dari itu semua kecuali dengan dzikir.

  1. majlisnya adalah majlis para malaikat

Kebalikan dari majlis laghwun, yaitu majlisnya para syaithon

  1. melahirkan kebahagiaan bagi orang yang berdzikir dan bagi orang yang bersamanya
  2. mendapat naungan Allah pada hari qiyamat

Yaitu hamba yang menangis dan berkholwat kepada Allah, menyebabkan ia mendapat naungan Allah pada hari yang sangat panas, dibawah nangan arsy-Nya

  1. semudah-mudahnya ibadah

Karena menggerakkan lisan jauh lebih ringan daripada menggerakkan anggota badan

  1. ghurosul jannah

عن عبد الله ابن مسعود zقال: قال رسول الله n : ( لقيت ليلة أسري بي، إبراهيم الخليل p فقال يا محمد أقرئ أمتك مني السلام، وأخبرهم أن الجنة طيّبة التربة، عذبة الماء, وأنها قيعان, وأن غراسها: سبحان الله، والحمدلله، ولا إله إلا الله، والله أكبر ) قال الترمذي: حديث حسن غريب من حديث ابن مسعود [4]

عن جابر عن النبي n قال: ( من قال: سبحان الله وبحمده، غرست له نخلة فى الجنة ) قال الترمذي: حديث حسن صحيح [5]

  1. cahaya bagi orang yang berdzikir

Artinya: "Dan apakah orang yang sudah mati [1] kemudian dia Kami hidupkan dan Kami berikan kepadanya cahaya yang terang, yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di tengah-tengah masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang sekali-kali tidak dapat keluar dari padanya? Demikianlah Kami jadikan orang yang kafir itu memandang baik apa yang telah mereka kerjakan". (QS Al An'aam: 122)

[1] Maksudnya ialah orang yang telah mati hatinya ya'ni orang-orang kafir dan sebagainya.

Ayat diatas menjelaskan bahwasanya Allah menjadikan hidup itu ibarat cahaya, dan kematian itu ibarat kegelapan, sedang dzikir akan menerangi hati dan wajah serta anggota badan, dan itu adalah cahaya bagi hamba didunia dan dialam barzakh serta pada hari akhir.

  1. dzikir adalah pokok segala urusan
  2. membuahkan pengetahuan
  3. orang yang berdzikir bersama orang yang diingatnya

ini adalah merupakan ma'iyah khusus, yaitu ma'iyah dengan kedekatan, perwalian, kecintaan, pertolongan dan taufiq. Firman Allah Ta'ala:

Artinya: "Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan

orang-orang yang berbuat kebaikan".

Artinya: "Dan Allah beserta orang-orang yang sabar."

  1. dzikir adalah pokok syukur

Artinya: "Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

  1. dzikir akan melunakkan hati yang keras

didalam hati ada suatu yang keras yang tidak akan lunak kecuali dengan dzikir kepada Allah Ta'ala. Seseorang laki-laki datang kepada Imam Hasan Bashri v, maka ia berkata: "Wahai Abu Sa'id ! saya mengadu kepadamu tentang kerasnya hatiku, maka Beliau menjawab: "lunakkanlah hatimu dengan dzikir"

  1. dzikir adalah obat hati

penyakit hati adalah lalai, maka hati menjadi sakit, sedang dzikir merupakan kesembuhan bagi hati dan obatnya

  1. dzikir merupakan dasar perwalian kepada Allah

lalai adalah dasar permusuhan kepada Allah, maka seorang hmba akan terus berdzikir kepada Allah hingga Allah Ta'ala mencintainya, dan jika senantiasa lalai dariNya maka Allah Ta'ala membenci dan memusuhinya

  1. majlis dzikir merupakan taman-taman surga

Imam Ahmad dan Tirmidzi dan selain keduanya telah meriwayatkan, dari Anas bin Malik zsesungguhnya Rasulullah ` bersabda: "apabila kamu melewati taman surga maka bersegeralah kamu kepadanya!, para sahabat bertanya: apakah taman surga itu? Jawab Rasulullah: "majlis dzikir" [6]

  1. orang yang berdzikir masuk jannah dengan tertawa
  2. akan diamankan dari sifat nifaq, karena orang munafiq tidak mengingat Allah melainkan hanya sedikitArtinya: "Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. mereka bermaksud riya' (dengan shalat) di hadapan manusia. dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali". (QS An Nisa': 141)

Berkata Ka'ab: "barang siapa yang banyak berdzikir kepada Allah maka akan bebas dari nifaq"

  1. akan dimintakan ampunan oleh para malaikat

Dari Abdullah bin Buraidah, dari 'Amir As Sya'by, dari Abdullah bin Amru bin Ash berkata: "saya mendapatkan dalam kitab Allah yang telah diturunkan; sesuungguhnya seorang hamba apabila mengucapkan الحمد لله (segala puji bagi Allah) maka malaikat menjawab ربّ العالمين (Rabb semesta alam), dan apabila mengatakan الحمد لله ربّ العالمين (segala puji bagi Allah Rabb semesta alam) maka malaikat menjawab :اللهم اغفر لعبدك (ya Allah ampunilah hambaMu), dan apabila mengatakan سبحان الله (Maha Suci Allah), malaikat menjawab: وبحمده , dan apabila mengatakan سبحان الله وبحمده malaikat menjawab اللهم اغفر لعبدك , dan jika mengatakan لا إله إلا الله malaikat menjawab والله أكبر , dan jika mengatakan لاإله إلا الله والله أكبر malaikat menjawab: اللهم اغفر لعبدك ( Ya Allah ampunilah hambamu)

DZIKIR ADA 2 MACAM

1. dzikir dengan nama-nama Allah, dan memuji dengannya

macam ini ada 2 bagian:

a) berdzikir sesuai dengan apa yang disebutkan didalam hadist-hadist nabawi, seperti:

سبحان الله، والحمدلله، ولاإله إلا الله، والله أكبر، وسبحان الله وبحمده، ولاإله إلا الله وحده لاشريك له، له الملك، وله الحمد، وهو على كل شيء قدير

b) kabar dari Allah Ta'ala berkaitan dengan asma' dan sifatNya, seperti firmanNya dalam awal surat Al Fatihah: dzikir dengan perintah, larangan dan hukumNya

yaitu dengan mengingat perintah maka akan bersegera kepadanya dan mengingat larangan dengan menjauhinya, dan apabila tiga perkara ini

SEBAIK-BAIK DZIKIR ADALAH TILAWAH QURAN

Sesungguhnya yang baik bagi seorang hamba adalah mengingat Allah dengan membaca kalamNya (al quran) yang al quran itu adalah semulia-mulia perkataan, sebenar-benar perkataan dan sangat bermanfaat bagi yang membacanya. Al quran adalah wahyu Allah tidak ada kebathilan didalamnya, dan semulia-mulia kitab diantara kitab-kitab Allah yang telah turunkan sebelumnya, duturunksn kepada semulia-mulia Rosul, dan sebaik-baik makhluq dialah Rosulullah `.

Allah berfirman dalam menjelaskan kemuliaan al quran:

Artinya: "Tidaklah orang-orang kafir itu datang kepadamu (membawa) sesuatu yang ganjil, melainkan Kami datangkan kepadamu suatu yang benar dan yang paling baik penjelasannya (QS Al Furqaan: 33)

Ibnu katsir berkata: "ayat ini menerangkan perhatian yang besar kepada Rosulullah `., karena datang kepadanya malaikat dengan membawa al quran, pagi dan sore, safar atau mukim, dan setiap kali datang kepadanya malaikat denagn membawa wahyu alquran, tidak sebagaimana turunnya kitab-kitab sebelumnya, dengan ini kedudukan Rasulullah menjadi tinggi diantara para rasul yang lain صلاة الله وسلامه عليهم أجمعين maka al quran adalah semulia-mulia kitab yang diturunkan Allah dan Muhammad adalah seagung-agung Nabi yang diutus Allah l.

عن ابى موسى الأشعرى z عن النبي `. قال: مثل الذى يقرأ القرأن كالأترجة طعمها طيّب وريحها طيّب، والذى لايقرأ القرأن كالتمرة طعمها طيّب ولا ريح فيها، ومثل الفاجر الذى يقرأ القرأن كمثل الريحانة ريحها طيب وطعمها مرّ، ومثل الفاجر الذى لا يقرأ القرأن كمثل الحنظلة طعمها مرّ ولا ريح لها

قال ابن مسعود z القرأن كلام الله، فمن ردّ منه شيئا فإنما يردُّ على الله [7]

Oleh karena itu Allah ta'ala memerintahkan para hambanya dan menganjurkan untuk membaca al quran dan mentadabburinya, karena membaca al quran adalah pintu hidayah.

(QS Al Israa' : 9) (QS Al Mu'minuun: 66-68)

(QS An Nisaaa': 82) (QS Shaad: 29)

(QS Muhammad: 24)

Dan Allah mensifati al quran dengan sebaik –baik perkataan (QS Az Zumar: 23)

Artinya: "Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Qur'an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.(QS Az Zumar: 23) kemudian Allah mencela orang-orang mu'min yang yang tidak khusyu' tatkala mendengar bacaan al quran, dan memperingatkan mereka dari tasyabbuh kepada orang kafir ( QS Al Hadiid: 16) dan mengkabarkan bahwa alquran menambah iman orang-orang mu'min apabila mereka membacanya serta mentadabburinya (QS Al Anfaal: 2)

DZIKIR LEBIH AFDHOL DARIPADA DO'A

MEMBACA AL-QURAN LEBIH AFDHOL DARIPADA DZIKIR


[1] Al Laaliu Wal Jawahir Fie jawami'I Khuthob Wal Mawa'idl, karangan Syeikh Muhammad bin Abdullah Al Mu'idzir

[2] HR Bukhori, Kitabul Jum'ah no: 1154

[3] Muttafaqun 'alaih

[4] HR Tirmidzi no: 3462

[5] HR Tirmidzi no: 3464, 3465

[6] Fiqhul Ad'iyyati wal Adzkar, Abdur Razaq bin Abdul Muhsin Al Badar, hal:29

[7] fiqhul ad'iyyati hal: 66

Tidak ada komentar: